Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Disocvery Learning di Kelas IV SDN 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal

Ubaidah, Ubaidah (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Disocvery Learning di Kelas IV SDN 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_UBAIDAH_20129086_3930_2024.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam Pembelajaran IPAS menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu : data kualitatif dan data kuantitatif, sementara sumber data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran IPAS menggunakan model Discovery Learning. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek, diantaranya: Penilaian Modul Ajar siklus I 81,25% (Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 91,67% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I adalah 81,24 % dengan kualifikasi B (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Sedangkan penilaian aspek peserta didik pada siklus I adalah 81,25% dengan kualifikasi B (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,62% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 75,51 B (Baik) dan meningkat pada siklus II yaitu yang diperoleh nilai rata-rata 83,62 B (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, hasil belajar, pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:17
Last Modified: 21 Aug 2024 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53447

Actions (login required)

View Item View Item