Hubungan Antara Interaksi Sosial Tutor dengan Perilaku Sosial Warga Belajar Paket B dalam Pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman

Yelvi, Muharni (2024) Hubungan Antara Interaksi Sosial Tutor dengan Perilaku Sosial Warga Belajar Paket B dalam Pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_04_MUHARNI_YELVI_19005030_3944_2024.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku sosial warga belajar paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Hal ini diduga karena interaksi sosial tutor. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan interaksi sosial tutor, (2) menggambarkan perilaku sosial warga belajar paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman, dan (3) melihat hubungan antara interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial warga belajar paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunkan pendekatan kuantitatif, dengan tujuan untuk mengungkap hubungan interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial warga belajar paket B dalam pembelajaran di di SPNF SKB Padang Pariaman. Populasi penelitian ini adalah warga belajar paket B di SPNF SKB Padang Pariaman yang berjumlah 112 orang dan 60% dijadikan sampel yaitu 53 orang dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kusioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) interaksi sosial tutor tergolong kurang baik, (2) perilaku sosial warga belajar paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman tergolong kurang baik, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara interaksi sosial tutor dengan perilaku sosial warga belajar paket B dalam pembelajaran di SPNF SKB Padang Pariaman. Saran penelitian ini adalah (1) diharapkan kepada tutor agar lebih berinteraksi secara baik dengan warga belajar dalam pembelajaran, (2) diharapkan kepada lembaga SPNF SKB Padang Pariaman agar mengembangkan kemampuan interaksi sosial tutor, dan (3) diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan perilaku sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, perilaku sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:17
Last Modified: 19 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53398

Actions (login required)

View Item View Item