Erwindo, Puja
(2022)
Analisis Kesalahan Penggunaan Doushi Penanda Tenses Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kesalahan siswa dalam penggunaan doushi penanda tenses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan jenis kesalahan penggunaan doushi penanda tenses. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif . Data diambil dari hasil tes diagnostic kesalahan doushi penanda tenses pada siswa SMA Negeri 8 Padang. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa kesalahan terjadi pada bentuk kesalahan morfologi ditemukan 44 kesalahan. Kesalahan morfologi adalah kesalahan pembentukan kata dalam bahasa Jepang, dan bentuk kesalahan sintaksis ditemukan 256 kesalahan. Kesalahan sintaksis adalah adalah cabang dari ilmu bahasa yang membicarakan seluk beluk wacana, kalimat, klausa, dan frase. Pada kategori jenis kesalahan ditemukan jenis kesalahan mistake sebanyak 285 kesalahan. Kesalahan mistake adalah penyimpangan struktur yang terjadi karena penutur tidak mampu menentukan pilihan penggunaan ungkapan yang tepat sesuai dengan situasi yang ada. dan jenis kesalahan lapses ditemukan 24 kesalahan. Kesalahan lapses adalah penyimpangan bentuk yang lahir karena beralihnya pusat perhatian topik pembicaraan secara sesaat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesalahan siswa di dominasi oleh kesalahan sintaksis atau kesalahan siswa dalam memahami kalimat.
Actions (login required)
|
View Item |