Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Padang

Permata, Yuli Indah (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_YULI_INDAH_PERMATA_19033140_3929_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Kenyataan dilapangan, pembelajaran fisika disekolah masih menunjukkan penerapan model pembelajaran yang digunakan guru masih secara pembelajaran konvensional, di mana proses belajar mengajar yang dilakukan terpusat pada guru (teacher centered) yang membuat hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, dilakukan sebuah penelitian dengan menerapkan penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi ekperimen dengan desain penelitian Randomized Possttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Padang yang terdaftar Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah anggota kelas sampel yang sama. Data penelitian meliputi hasil belajar fisika siswa pada aspek kognitif.Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan LKPD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa pada aspek pengetahuan pada kelas eksperimen yaitu 81 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 73. Uji hipotesis dari posttest yang dilakukan thitung > ttabel dimana 2.868 > 1.66 H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan dalam penelitian bahwa penerapan model discovery learning memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI Mipa SMAN 4 Padang pada aspek pengetahuan dengan taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:11
Last Modified: 16 Aug 2024 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53365

Actions (login required)

View Item View Item