Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PjBL-STEM pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan untuk Kelas X/ Fase E MAN 2 Padang Panjang

Iksan, Mila Hidayatul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PjBL-STEM pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan untuk Kelas X/ Fase E MAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_MILA_HIDAYATUL_IKSAN_20031082_3870_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka dan diiringi dengan tuntutan penguasaan keterampilan abad-21 merupakan suatu agenda penting bagi guru dalam menyikapi perubahan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi peserta didik serta wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi diketahui bahwa peserta didik masih pasif dalam pembelajaran, peserta didik merasa sulit mempelajari materi perubahan dan pelestarian lingkungan, minimnya integrasi teknologi dalam pembelajaran serta kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran. LKPD berbasis PjBL-STEM dapat dijadikan salahsatu alternatif dalam menyesuaikan perubahan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis PjBL-STEM pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran Biologi dan 35 orang peserta didik kelas X / Fase E MAN 2 Padang Panjang. Produk yang dihasilkan adalah LKPD berbasis PjBL-STEM pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan. Validator terdiri dari dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru Biologi MAN 2 Padang Panjang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket penilaian validitas dan angket penilaian praktikalitas LKPD. Analisis data yang digunakan merupakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis PjBL-STEM pada materi perubahan dan pelestarian yang dikembangkan memenuhi kategori valid dengan perolehan nilai validitas sebesar 91,6% dan praktis dengan perolehan nilai praktikalitas sebesar 95,4% pada guru dan 92,3% pada peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan untuk kelas X / Fase E MAN 2 Padang Panjang yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD Berbasis PjBL-STEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:10
Last Modified: 16 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53359

Actions (login required)

View Item View Item