Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi GLB dan GLBB di Kelas X IPA 3 MAN 2 Padangsidimpuan

Siregar, Tukmasari (2015) Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi GLB dan GLBB di Kelas X IPA 3 MAN 2 Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_TUKMASARI_SIREGAR_1019902_1489_2015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika X IPA 3 MAN 2 Padangsidimpuan masih bersifat Iteacher centered. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Guru cenderung menggunakan metode sehingga kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.Metode demonstrasi sesekali dilakukan untuk memperkuat penjelasan materi. Peserta didik hanya mendengar, mencatat, dan mengerjakan latihan. Dominasi guru ini meyebabkan kurangnya kemampuan peserta didik untuk menggali pengetahuan, menemukan dan menerapkan ide sendiri sehingga mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep peserta didik. Hasil pembelajaran menitikberatkan pada penguasaan produk pengetahuan sehingga kemampuan psikomotorik dan afektif peserta didik terabaikan. Penelitian ini meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran fisika. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan Model Inkuiri dengan siswa hanya 10 orang yang tuntas diatas KKM 75 da 15 orang di bawah KKM 75 untuk indikator pokok bahasan pertama, untuk indikator pokok bahasan kedua dari 25 siswa 12 orang yang tuntas 13 orang yang tidak tuntas, dan indikator ketiga 8 orang yang tuntas dan 17 orang yang tidak tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Lokasi penelitian adalan MAN 2 Padangsidimpuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 3 dengan jumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2012/2013. Penelitian dilakukan sebnayak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis dekskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil peserta didik. HASIL kognitif peserta didik meningkat dari nilai rata-rata 65,04 pada siklus I,peserta didik sebelum penelitian nilainya KKM 75 tetapi setelah siklus III nilai sudah melewati KKM. Kompetensi afektif peserta didik meningkat dari 48 pada siklus I, 64 pada siklus II sedangkan pada siklus III sudah 86,6 sudah termasuk kategori amat baik. Kompetensi psikomotori meningkat dari nilai rata-rata 66.4 siklus I,73,6 siklus II dan 93,8 pada siklus III. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berkelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada amata pelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Thesis advisorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:10
Last Modified: 16 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53358

Actions (login required)

View Item View Item