Syauqi, Rahmat Fajri Asy
(2022)
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Disiplin merupakan kepatuhan peserta didik dalam mengikuti kegiatan
sekolah untuk membantu dalam meningkatkan prestasi belajar dan menunjukkan
bahwa mereka memiliki nilai disiplin yang cukup. Proses pembelajaran di SMPN
30 Padang menunjukkan disiplin belajar yang masih rendah ditunjukkan dengan
keinginan belajar peserta didik yang masih rendah, kurangnya rasa percaya diri
untuk menyelesaikan tugas yang diberikan di depan kelas, tidak percaya juga
dengan jawaban sendiri saat menjawab latihan. Kondisi seperti ini menjadi
perhatian, sehingga perlu ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan
kelompok. Layanan bimbingan kelompok salah satu jenis layanan bimbingan dan
konseling yang diselenggarakan secara kelompok dengan mengikutkan sejumlah
peserta dalam bentuk kelompok.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin
belajar peserta didik di SMPN 30 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, bentuk desain quasi
experiment yang digunakan yaitu time series. Desain penelitian ini hanya
menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelompok kontrol.
Dalam pelaksanaan rancangan ini sebelum diberikan perlakuan pada subjek,
terlebih dahulu dilakukan beberapa kali observasi terhadap subjek, sehingga dapat
diketahui kecenderungan kelompok, kemudian baru diberikan perlakuan (X).
Setelah semua perlakuan selesai, baru dilakukan tes dengan menggunakan
instrumen yang sama dengan sebelum diberikan perlakuan. Selanjutnya, untuk
mengetahui kecenderungan subyek penelitian sesudah diberikan perlakuan juga
dilaksanakan beberapa kali observasi.
Hasil disiplin belajar peserta didik menunjukkan terdapat perbedaan yang
signifikan disiplin belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti layanan
bimbingan kelompok, hal ini terlihat pada skor rata-rata posttest sebesar 101%
naik lebih tinggi dari pada skor rata-rata pretest sebesar 77,9%. Dengan demikian,
layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar peserta
didik.
Actions (login required)
|
View Item |