Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman

Rahma, Aulia (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AULIA_RAHMA_18029060_130_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi turunan berdasarkan analisis kesalahaan Newman. Dalam penelitian ini digunakan soal tes esai berbentuk soal cerita sebanyak 5 soal berdasarkan materi perpangkatan dan bentuk akar kepada 26 peserta didik kelas IX C. Soal dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman serta diuji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kesalahan Newman, kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penentuan jawaban akhir. Faktor penyebab keselahan peserta didik adalah bakat peserta didik yang masih rendah, kebiasaan peserta didik tidak mengulang pembelajaran, sikap peserta didik yang kurang perhatian terhadap pelajaran, ketidak telitian, kurangnya fokus belajar dan jadwal pembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KESALAHAN NEWMAN, SOAL CERITA, PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:59
Last Modified: 14 Aug 2024 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53323

Actions (login required)

View Item View Item