Anggraini, Mela
(2022)
Pengaruh Metode PQRST terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X MAN 4 Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca pemahaman siswa masih tergolong rendah. Lemahnya keterampilan membaca pemahaman siswa menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami suatu teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode PQRST terhadap
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X MAN 4 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 4
Pasaman Barat tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 67 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan standar deviasi keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X MAN 4 Pasaman Barat. Variabel-variabel dalam penelitian ini, yaitu 1) keterampilan membaca pemahaman sebelum menggunakan metode PQRST; 2) Keterampilan membaca pemahaman setelah menggunakan metode PQRST. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes objektif atau pilihan ganda tentang kemampuan membaca pemahaman siswa teks eksposisi siswa kelas X IPA MAN 4 Pasaman Barat. Tes objektif atau pilihan ganda dengan
empat pilihan jawaban kepada sampel (A, B, C, dan D). Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 21 dengan menggunakan uji lilifors. Berdasarkan hasil posttest dan uji hipotesis diperoleh bahwa rata-rata nilai keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode PQRST lebih
tinggi dibandingkan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan metode PQRST. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X MAN 4 Pasaman Barat sebelum menggunakan metode PQRST berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,44 dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X MAN 4 Pasaman Barat setelah menggunakan metode PQRST berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,88. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis, diperoleh hasil sig. 0,001 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan metode PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X MAN 4 Pasaman Barat.
Actions (login required)
|
View Item |