Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Aulia, Desi (2024) Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DESI_AULIA_22124008_3409_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar memiliki peran penting sebagai media utama dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar masih terbatas dalam bentuk bahan ajar cetak. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan tidak interaktif. Kemampuan siswa dalam memahami informasi yang disampaikan oleh guru secara lisan maupun tulisan juga belum optimal, sehingga kemampuan literasi siswa menjadi rendah. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan suatu produk bahan ajar dalam bentuk digital berupa e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk ebook interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di tiga sekolah yaitu di SDN 31 Payakumbuh, SDN 42 Payakumbuh, dan SDN 52 Payakumbuh. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V dari ketiga sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, penyebaran angket dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validasi produk e-book interaktif dari aspek media, materi, dan bahasa adalah 87% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas produk dari angket respon siswa sebesar 97% dan dari angket respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, hasil uji efektivitas produk melalui uji T diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,005 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan literasi siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk e-book interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:50
Last Modified: 13 Aug 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53305

Actions (login required)

View Item View Item