Septiviana, Ega
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based
Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot
Siswa Kelas X.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dunia pendidikan khususnya sekolah tidak bisa dilepaskan dengan
pembelajaran. Acuan dalam melaksanakan pembelajaran adalah kurikulum. Tahun
Ajaran 2022/2023 Pemerintah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam
pembelajaranya. TP VI pada kurikulum ini adalah siswa terampil dalam menulis
teks anekdot. Keterampilan menulis teks anekdot, merupakan keterampilan yang
gampang-gampang susah untuk diaplikasikan karena teks ini adalah teks yang
berisi kritikan namun disampaikan dengan candaan. Oleh sebab itu, diperlukan
model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajarannya. Mengingat
penelitian ini dalah penelitian ekperimen, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1)
menjelaskan perbedaan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang diajar
dengan model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran
konvensional; (2) menjelaskan perbedaan hasil keterampilan menulis teks anekdot
siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model
pembelajaran project based learning dan konvensional; (3) menjelaskan perbedaan
hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar
rendah yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dan
konvensional; (4) menjelaskan interaksi antara model pembelajaran project based
learning dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas
X.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini yaitu siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran
2022/2023. Sampelnya yaitu X.B untuk kelas eksperimen dan X.A untuk kelas
kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan
dengan dua jenis instrument yaitu lembaran angket dan tes unjuk kerja.
Setelah dilakukan penelitian maka, peneliti menemukan bahwa model
pembelajaran project based learning mempengaruhi keterampilan menulis teks
anekdot siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Pengaruhnya
terlihat pada (1) hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa yang diajar dengan
model pembelajaran project based learning lebih tinggi daripada konvensiona; (2)
keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi
yang diajar dengan model pembelajaran project based learning lebih tinggi daripada
siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional; (3) keterampilan menulis teks anekdot siswa yang
memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran project
based learning lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (4) tidak adanya interaksi
atau pengaruh antara model pembelajaran project based learning dan motivasi
belajar dalam keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Pembangunan
Laboratorium UNP.
Actions (login required)
|
View Item |