Pengembangan LKPD Eksperimen Berbasis Proyek Pembuatan Nata de Pinnata pada Materi Inovasi Bioteknologi Fase E

Pertiwi, Syifa Jodi (2024) Pengembangan LKPD Eksperimen Berbasis Proyek Pembuatan Nata de Pinnata pada Materi Inovasi Bioteknologi Fase E. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SYIFA_JODI_PERTIWI_19031110_2375_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi sebagai proses dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berinteraksi dengan menggunakan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains dapat dilatih dengan kegiatan praktikum. Praktikum dapat menunjang kegiatan proses belajar agar menemukan prinsip tertentu atau menjelaskan tentang prinsip-prinsip yang dikembangkan. Upaya yang dilakukan untuk melatih keterampilan proses sains yaitu dengan mengembangkan LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pinnata pada materi inovasi bioteknologi fase E. Adapun tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pinnata pada materi inovasi bioteknologi fase E yang valid dan terbaca dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D models) yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: define, design, dan develop. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP sebagai validator dari produk LKPD eksperimen dan 1 orang guru biologi SMA serta 35 orang peserta didik kelas X fase E SMAN 1 Suliki. Objek penelitian ini adalah LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pinnata pada materi inovasi bioteknologi fase E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket uji validitas dan angket keterbacaan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pinnata pada materi inovasi bioteknologi fase E yang dikembangkan mempunyai nilai validitas sebesar 90,52% dengan kriteria sangat valid, serta nilai keterbacaan oleh guru sebesar 89,28% dan nilai keterbacaan dari peserta didik sebesar 89,66% dengan kriteria sama yaitu baik, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar biologi untuk fase E SMA. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut dihasilkan LKPD eksperimen berbasis proyek pembuatan nata de pinnata pada materi inovasi bioteknologi fase E yang valid dan terbaca dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD EKSPERIMEN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:06
Last Modified: 09 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53259

Actions (login required)

View Item View Item