Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 43 Padang

Pertiwi, Rona (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RONA_PERTIWI_20029035_3434_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMPN 43 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik selama belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan untuk menganalisis apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VII SMPN 43 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 43 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Dari hasil pengundian, terpilih kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P-Value = 0,004, artinya P-Value <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, NUMBERED HEAD TOGETHER, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, NUMBERED HEAD TOGETHER, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:17
Last Modified: 08 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53242

Actions (login required)

View Item View Item