Optimasi Pendistribusian Beras Bansos Menggunakan Metode Improved Zero Point di Perum Bulog Kantor Cabang Padang Sidempuan

Batubara, Riska Amalia (2024) Optimasi Pendistribusian Beras Bansos Menggunakan Metode Improved Zero Point di Perum Bulog Kantor Cabang Padang Sidempuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RISKA_AMALIA_BATUBARA_17030034_3539_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beras Bansos merupakan salah satu jenis Cadangan Beras Pemerintah yang diberikan secara gratis kepada Keluarga Penerima Manfaat. Perum Bulog Kantor Cabang Padang Sidempuan bertugas dalam menyediakan dan mendistribusikan beras Bansos ke Kabupaten/Kota tujuan. Dalam pendistribusian beras Bansos ke daerah tujuan mengeluarkan biaya yang lumayan besar yaitu Rp. 178.843.350. Hal ini termasuk ke dalam permasalahan transportasi yang dapat diselesaikan dengan metode transportasi. Salah satu sasaran masalah transportasi yaitu mengalokasikan produk yang didistribusikan dari sumber yang menyediakan produk yang dilakukan sedemikian rupa sehingga semua kebutuhan atau permintaan dari masing-masing tujuan dapat terpenuhi dengan biaya yang minimum. Untuk menyelesaikan masalah transportasi dapat menggunakan metode transportasi. Metode transportasi merupakan suatu metode atau cara yang digunakan untuk memecahkan masalah pendistribusian dari sumber yang menyediakan produk yang sama, ke tempat yang membutuhkan secara optimal sehingga biaya distribusi yang dikeluarkan adalah minimal. Salah satu metode transportasi yaitu metode Improved Zero Point yang merupakan metode langsung yakni tanpa mencari solusi awal terlebih dahulu. Metode ini juga baik dan efisien digunakan untuk mendapatkan solusi optimal. Hasil dari metode Improved Zero Point merupakan biaya optimasi pendistribusian beras Bansos pada Perum Bulog Kantor Cabang Padang Sidempuan. Sehingga didapatkan model optimasi pendistribusian beras Bansos dari gudang bulog ke daerah pelayanan pada Perum Bulog Kantor Cabang Padang Sidempuan. Dari perhitungan menggunakan metode Improved Zero Point biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 177.971.180. Sehingga penerapan metode ini dapat menghemat biaya distribusi sebesar Rp. 872.170.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YuzmetUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDISTRIBUSIAN BERAS, METODE TRANSPORTASI, METODE IMPROVED ZERO POINT, BIAYA OPTIMAL
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:17
Last Modified: 08 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53239

Actions (login required)

View Item View Item