Pengaruh Penerapan Media Kuis Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Puar Kabupaten Agam

Hidayat, Rahmat (2023) Pengaruh Penerapan Media Kuis Berbasis Kahoot Terhadap Minat Belajar Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Puar Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Rahmat_Hidayat_18045060_267_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Geografi setelah menggunakan aplikasi kahoot dan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi kahoot di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Puar Kabupaten Agam. Jenis penelitian menggunakan Quasi Eksperimen hanya memakai satu kelas dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling dari kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sampel responden penelitian diukur dengan menggunakan skala Likert dengan kategori nilai skala 4. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapatnya peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media berbasis kahoot. Rata-rata minat belajar siswa sebelum menggunakan kahoot yaitu 2,90 dengan kategori tinggi dan rata-rata minat belajar siswa setelah menggunakan kahoot yaitu 3,21 dengan kategori sangat tinggi. 2)Ada perbedaan pengaruh media kuis berbasis kahoot sebelum dan sesudah penerapannya karena t-test yaitu t hitung 7,885 dan t tabel nya 2,036 maka t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf siginifikansi 5% yaitu 7,885>2,036 sedangkan tingkat efektifitas N-Gainnya 0,468 dan dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorChandra, DededUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:15
Last Modified: 07 Aug 2024 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53229

Actions (login required)

View Item View Item