Pengembangan LKPD Berbasis PjBL Terintegrasi Pendekatan STEAM tentang Materi Perubahan Lingkungan Untuk Fase E SMA

Wahyuni, Desi (2024) Pengembangan LKPD Berbasis PjBL Terintegrasi Pendekatan STEAM tentang Materi Perubahan Lingkungan Untuk Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DESI_WAHYUNI_19031069_3647.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengimplementasian kurikulum merdeka tidak terlepas dari pengaruh media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru disekolah adalah LKPD dan PPT, namun LKPD yang digunakan saat ini mash dalam bentuk lembaran biasa dan terkendalanya pembelajaran berbasis proyek karena tidak ada panduan pelaksanaan proyek seperti LKPD. Apalagi jika dikaitkan dengan keterampilan Abad 21 yang menekankan 4C (Critical Thingking, Creative Thingking, Collaboration and Communication). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan LKPD berbasis PjBL terintegrasi STEAM tentang materi perubahan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD terintegrasi STEAM-PjBL tentang materi perubahan lingkungan untuk fase E SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalalah penelitian pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design dan develop). Instrumen penelitian adalah lembar pedoman angket guru, angket peserta didik, angket validitas dan angket praktikalitas. Subjek penelitian terdiri dari dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi SMAN 13 Padang dan 36 peserta didik Fase E SMAN 13 Padang. Objek penelitian adalah LKPD berbasis PjBL terintegrasi STEAM tentang materi perubahan lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil validitas 91,5% (sangat valid), Uji praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata 95,8 (sangat praktis) dan uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh rata-rata 86,44 (praktis). Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik adalah 91,12 (sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis PjBL terintegrasi STEAM tentang materi perubahan lingkungan untuk Fase E SMA yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perubahan Lingkungan Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:25
Last Modified: 01 Aug 2024 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53138

Actions (login required)

View Item View Item