Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis

Sikumbang, Indra Saputra (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_INDRA_SAPUTRA_SIKUMBANG_19029149_3633.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik.Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis masih rendah, karena model pembelajaran yang digunakan belum mendukung untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsian perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis selama diterapkan model NHT dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model NHT lebih baik daripada belajar dengan pembelajaran langsung di kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan rancangan non-equivalent posttest-only control group design, dan penelitian deskriptif.Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis tahun pelajaran 2023/2024.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah XII IPS 3 dan sebagai kelompok kontrol adalah XII IPS 1.Instrumen penelitiaan yang digunakan adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukan adanya perkembangan pemahaman konsep matematis selama diterapkan model NHT pada setiap indikator kecuali pada indikator memberikan contoh dan non-contoh dari konsep.Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P-value = 0,044, artinya P-value<a sehingga tolak H0. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model NHT lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model NHT terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas XII IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Togethe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:43
Last Modified: 29 Jul 2024 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53093

Actions (login required)

View Item View Item