Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika SMAN 1 Pulau Punjung

Fahlevi, Rio (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika SMAN 1 Pulau Punjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RIO_FAHLEVI_19033060_1806_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses memegang peranan penting dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka dapat diperlihatkan dengan tindakan seorang guru sebagai motivator untuk siswa dapat menyalurkan ide dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada aspek kognitif maupun afektif siswa. Namun, proses pembelajaran yang masih bersifat monoton dan penerapan model pembelajaran yang kurang maksimal mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum, impuls, usaha, dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang tertuju pada siswa kelas XI F di SMAN 1 Pulau Punjung. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampel jenuh yang mana sampel didapatkan secara mutlak dari delapan kelas populasi dengan penyesuaian kelas peminatan untuk pada mata pelajaran fisika yang berjumlah dua kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan desain penelitian post test only control design. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran dan uji t. Penelitian ini dilakukan melihat hasil belajar siswa melalui aspek afektif dan kognitif. Pada aspek afektif siswa dilihat sikap selama pembelajaran yang didapatkan bahwa keaktifan siswa meningkat. Pada aspek kognitif dilakukan sebuah test akhir dan didapatkan rata-rata nilai siswa terlihat signifikan dengan sampel kelas XI F1 87.4 dan XI F8 84.4. Data yang didapatkan diuji melalui ketentuan asumsi melalui nilai ttabel dengan taraf signifikansi sebesar 95% atau 0.05. Data tersebut diolah menggunakan software microsoft excel sehingga didapatkan nilai thitung>ttabel yaitu 3.31>2.01 sehingga data tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:33
Last Modified: 20 Jun 2024 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52587

Actions (login required)

View Item View Item