Syofwan, Muhammad Hanif
(2024)
Perancangan Animasi 2D Warisan Budaya Senjata Tradisional Kerambit.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja yang disajikan melalui
animasi. singkat mengenai sejarah senjata tradisional kerambit. Animasi ini dirancang oleh
penulis untuk memberikan informasi sejarah kepada remaja yang berumur 12-17 tahun
yang ingin mempelajari tentang warisan budaya senjata tradisonal kerambit.
Metode yang penulis gunakan dalam animasi ini adalah 4D, yaitu define
(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate
(Penyebarluasan). Dalam penelitian dan pengumpulan data, penulis menggunakan
wawancara dan kuisioner sebagai data primer, dan kajian pustaka dan internet sebagai data
sekunder penulis untuk memenuhi proses perancangan animasi 2D mengenai senjata
kerambit.
Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi
masyarakat ataupun pelajar dalam melestarikan sejarah dari budaya Minangkabau. Animasi
ini bisa digunakan sebagai media edukasi untuk memahami sejarah warisan budaya senjata
tradisional.
Actions (login required)
|
View Item |