Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang

Afriyunita, Ranti (2024) Model Pembelajaran di Lembaga Rumah Qur’an Al-Uswah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RANTI_AFRIYUNITA_17005085_1054_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lembaga Rumah Qur'an merupakan lembaga pendidikan nonformal yang membantu memberikan pendidikan dan pengetahuan agama serta etika dan moral kepada anak-anak. Rumah Qur'an Al Uswah Padang merupakan salah satu bentuk lembaga pemberdayaan yang dikembangkan di masyarakat, Rumah Qur'an Al-Uswah Kota Padang mempunyai berbagai keunikan. Pertama, Rumah Qur’an Al-Uswah Kota Padang merupakan lembaga pendidikan nonformal yang hanya mengkhususkan diri pada pelatihan dan penghafalan Al-Qur’an, dimana dalam kegiatan pembelajarannya lembaga ini mengadakan tahfidz Al-Qur’an secara rutin setiap harinya. dengan kebijakan yang mencakup durasi belajar di setiap kelas. Kedua, sejak awal bergabung dengan lembaga tersebut, kedua orang tua mahasantri akan diminta untuk menyetujui seluruh peraturan dan juga menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka sangat sadar mendukung semua kegiatan di lembaga ini dan juga menaati semua instruksi dari pengurus/ pengelola jika ingin menjadi santri. Ketiga, Rumah Qur'an Al-Uswah menerapkan metode Al-Uswah yaitu sistem metode eliminasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran, dimana metode eliminasi ini digunakan sebagai proses dalam penentuan izin santri, jika santri tidak memenuhi target atau otomatis tersingkir. atau dikeluarkan dari santri. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua di yayasan Rumah Qur'an Al Uswah, Dewan Guru, dan pengelola lembaga. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian serta pembahasan yaitu 1) Tujuan pembelajaran Rumah Qur'an adalah kecapaian target hafalan 1juz/tahun. Perencanaan tujuan pembelajaran Rumah Qur'an Al-Uswah ditujukan sepenuhnya dedikasi untuk santri terkhusus di Kota Padang agar mampu menghafalkan Al-Qur'an dengan baik dan benar, 2) Rumah Qur'an Al-Uswah telah menjalankan metode pembelajaran murajaah pada program tahsin dan tahfidz dengan baik yang mana dipengaruhi oleh antusias santri dan metode eliminasi Rumah Qur'an Al-Uswah sehingga menciptakan target yang harus disanggupi oleh santri., 3) 16 santri yang tereliminasi membuktikan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh guru pengajar, 4) Fasilitas berkaitan erat dengan lingkungan pembelajaran, 5) Hasil belajar dari pembelajaran yang diterapkan dalam Rumah Qur'an Al-Uswah dapat dikatakan sudah cukup bagus dibuktikan dengan bukan hanya santri yang meraih prestasi namun juga guru pengajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:31
Last Modified: 12 Jun 2024 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52455

Actions (login required)

View Item View Item