Studi Kuantitatif Deskriptif Kualitas Hidup Ibu Yang Memiliki Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang

Dwiyani, Oktavia Rahtu (2024) Studi Kuantitatif Deskriptif Kualitas Hidup Ibu Yang Memiliki Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_OKTAVIA_RAHTU_DWIYANI_17003063_2743_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas hidup yang baik tentunya juga berdampak baik bagi ibu dan perawatan dan perlakuan terhadap anak tentunya juga akan lebih maksimal. Tetapi jika kualitas hidup rendah maka juga akan berdampak pada keputusasaan yang dialami oleh ibu dan juga berdampak dalam perawatan dan perlakuan terhadap anak. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “Kualitas Hidup Ibu yang Memiliki Anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy Padang”. Jenis penelitian ini adalah studi kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk membahas kualitas hidup ibu yang memiliki anak Cerebral Palsy di Yayasan Cerebral Palsy Padang. Penelitian ini hanya memiliki satu variabel yaitu kualitas hidup ibu yang memiliki anak Cerebral Palsy dengan jumlah sampel sebelas orang ibu dari anak Cerebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada ibu secara langsung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa persentase dengan kategori sangat tidak setuju, tidak setuju, ragu- ragu, setuju, sangat setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hidup ibu pada aspek fisik memperoleh hasil 38, 17%, kualitas hidup ibu pada aspek psikologis memperoleh hasil 33,76%, kualitas hidup ibu pada aspek hubungan sosial memperoleh hasil 48,17%. Kualitas hidup ibu pada aspek lingkungan memperoleh hasil 56,35%. Dapat disimpulkan bahwa pada kualiatas hidup ibu pada aspek fisik dan aspek aspek psikologis terbilang baik. Pada aspek hubungan sosial terbilang kurang baik. Sementara kualitas hidup ibu pada aspek lingkungan terbilang cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS HIDUP IBU, ANAK CEREBRAL PALSY, DESKRIPTIF KUANTITATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:55
Last Modified: 11 Jun 2024 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52451

Actions (login required)

View Item View Item