Pengembangan E-Modul Fisika SMA Kelas X Materi Energi Alternatif dan Pemanasan Global Berbasis ProblemBased Learning Terintegrasi Pembelajaran Abad 21.

Nilyani, Korry (2024) Pengembangan E-Modul Fisika SMA Kelas X Materi Energi Alternatif dan Pemanasan Global Berbasis ProblemBased Learning Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_03_KORRY_NILYANI_22175013_2371_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di era abad 21 saat ini berada dalam masa yang ditandai oleh kemajuan pengetahuan yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang semakin maju telah mulai diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi. Pembelajaran pada abad 21 ini menekankan pada beberapa keterampilan seperti kreativitas, berpikir kritis, keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi. Oleh karena itu, dalam menghadapi zaman ini, pembelajaran harus mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki berbagai keterampilan untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan. Kenyataannya keterampilan abad 21 peserta didik masih tergolong rendah. E-modul fisika berbasis problem based learning terintegrasi pembelajaran abad 21 merupakan salah satu solusi yang diberikan dalam meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan e-modul fisika SMA kelas X materi energi alternatif dan pemanasan global berbasis problem based learning terintegrasi pembelajaran abad 21 dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) menggunakan model Plomp yang terdiri dari preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket studi pendahuluan, lembar validasi, lembar praktikalitas, soal tes dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data pada studi pendahuluan dan uji praktikalitas menggunakan analisis deskriptif, analisis pada uji validitas menggunakan rumus Aiken’s V, dan analisis uji efektivitas dilihat berdasarkan ketuntasan klasikal, nilai N-Gain Score, dan uji Mann-Whitney. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini memperoleh validitas e-modul fisika berada pada kategori valid. Tingkat praktikalitas e-modul memperoleh kategori sangat praktis oleh guru dan peserta didik. Hasil efektivitas dengan hasil uji pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen dilihat dari ketuntasan klasikal, setiap keterampilan telah mencapai tingkat ketuntasan diatas skor minimum yang diharapkan. Nilai N-Gain Score untuk keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif menunjukkan hasil yang memenuhi kriteria tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif antara peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan e-modul fisika SMA kelas X materi energi alternatif dan pemanasan global berbasis problem based learning terintegrasi pembelajaran abad 21 valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, PEMANASAN GLOBAL, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:47
Last Modified: 10 Jun 2024 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52411

Actions (login required)

View Item View Item