Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Ke Bawah Melalui Media Cubaritme Pada Anak Diskalkulia Kelas Iv

Ihsan, Mauzanda (2024) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Ke Bawah Melalui Media Cubaritme Pada Anak Diskalkulia Kelas Iv. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MAUZANDA_IHSAN_16003084_1145_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penjumlahan deret kebawah merupakan salah satu kemampuan dalam pembelajaran matematika yang sangat penting pada penjumlahan matematika. Kemampuan penjumlahan deret kebawah merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh anak dalam memahami penjumlahan yang dilihat dan di tulis yang mana anak dapat merespon komunikasi dengan orang lain. Siswa yang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan pembelajaran matematika ini, harus diajarkan dengan baik, salah satunya anak dengan anak diskalkulia yang memiliki kemampuan penjumlahan matematika yang rendah terutama dalam aspek penjumlahan sesuai dengan perintah sederhana yang diberikan. Peneliti memiliki ketertarikan dalam mengangkat permasalahan ini dikarenakan memiliki tujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan berdert kebawah siswa dengan menggunakan pendekatan media cubaritme untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan deret kebawah pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa analisis visual grafik. Semua data yang diperoleh pada dua kondisi yaitu baseline (A) dan intervensi (B) akan digambarkan dalam grafik-grafik yang dapat menjelaskan bagaimana perolehan data yang dilakukan selama penelitian berlangsung. Hasil analisis data yang dilakukan selama 15 kali pertemuan, dimana pengumpulan data dilakukan dalam dua kondisi yaitu baseline (A) dengan perolehan hasil persentase 20%, 40%. 40% dan 40%. Kemudian kondisi intervensi (B) dengan perolehan persentase 50%, 50%, 50%, 60%, 70%, 70%, dan 70% dan kondisi baseline A2 dengan perolehan hasil persentase 80%, 100%, 100% dan 100%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media cubaritme dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan berdet kebawah pada anak diskalkulia di SD 17 Jawa Gadut Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:58
Last Modified: 07 Jun 2024 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52385

Actions (login required)

View Item View Item