Pengembangan Video Edukasi Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Keterampilan Sains di Taman Kanak- kanak.

Maswal, Amran (2024) Pengembangan Video Edukasi Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Keterampilan Sains di Taman Kanak- kanak. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_01_AMRAN_MASWAL_19330002_2388_2024.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada observasi awal. Berdasarkan hasil observasi terlihat keterampilan sains anak yang belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari fakta lapangan bahwa, anak masih sulit melakukan pengamatan, belum bisa melakukan percobaan sains sesuai urutan yang benar, serta masih ragu-ragu dalam menceritakan langkah langkah proses sains. Kebutuhan anak akan adanya media pembelajaran masih kurang bervariasi dan kurang menarik minat anak dalam pembelajaran sains, seperti dalam pengajaran dan belajar masih menggunakan media bergambar seperti buku cerita, poster, dan majalah bergambar, belum adanya inovasi media pembelajaran yang inovatif untuk keterampilan sains anak seperti video edukasi berbasis model pembelajaran guided inquiry untuk keterampilan sains anak. Tujuan dari penelitian untuk menghasilkan produk berupa Video Edukasi Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Keterampilan Sains di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan wawancara yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Modern Fahmil Quran Kota Solok, observasi yang dilakukan di kelas Bilal dengan jumlah peserta didik 15 orang anak, peneliti juga melakukan wawancara kepada satu orang pendidik di kelas Bilal, kemudian pengumpulan data juga menggunakan angket untuk uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas, serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yakni analisis statistik deskriptif dengan validasi skala likers. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan video edukasi berbasis model pembelajaran guided inquiry untuk keterampilan sains anak usia dini dinyatakan sangat valid oleh para ahli seperti, validasi ahli materi dengan persentase 89%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 83%. Untuk hasil praktikalitas pengembangan video edukasi untuk keterampilan sains dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas 91%. Untuk hasil persentase efektivitas anak diperoleh 91% yang dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan media berupa video edukasi berbasis model pembelajaran guided inquiry untuk keterampilan sains di Taman Kanak-kanak dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, VIDEO EDUKASI, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:46
Last Modified: 06 Jun 2024 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52358

Actions (login required)

View Item View Item