Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Budaya Lokal Melalui Festival “Bimbang Nagari” di Nagari Tluk Kualo Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan

Husen, Muhammad Abdul (2023) Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Budaya Lokal Melalui Festival “Bimbang Nagari” di Nagari Tluk Kualo Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MUHAMMAD_ABDUL_HUSEN_19042072_169_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) partisipasi masyarakat dalam pelestarian budaya lokal melalui festival bimbang nagari di Nagari Tluk Kualo Inderapura. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pelestarian budaya lokal melalui festival bimbang nagari di Nagari Tluk Kualo Inderapura. Penelitian ini diolah dengan teknik analisis quasi kualitatif dengan metode simple research desain. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) partisipasi masyarakat dalam pelestarian budaya lokal melalui festival bimbang nagari di Nagari Tluk Kualo Inderapura dapat dikatakan baik namun juga dibatasi oleh permasalahan keseharian masyarakat. Hal ini dianalisis dari model partisipasi masyarakat Uphoff, Cohen, dan Gold Smitsh yaitu partisipasi pengambilan keputusan berupa keikutsertaan dalam panitia dan perencanaan pelaksanaan. Partisipasi pelaksanaan kegiatan berupa partisipasi fisik dalam bentuk harta dan tenaga serta partisipasi non fisik berupa ide dan gagasan. Partisipasi pengambilan manfaat dilakukan oleh masyarakat dengan mengambil manfaat berupa pengembangan UMKM dan pelestarian budaya lokal. Partisipasi evaluasi kegiatan dilaksanakan setelah akhir kegiatan dengan mengikutsertakan selyuruh panitia dan unsur masyarakat dari pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh seni. 2) Faktor pendukung partisipasi masyarakat dalam pelestarian budaya lokal melalui festival bimbang nagari adalah budaya gontong royong dan kebermanfaatan program. Sedangkan faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pelestarian budaya lokal melalui festival bimbang nagari adalah jenis pekerjaan masyarakat dan kurangnya sosialisasi akan pentingnya kegiatan festival bimbang nagari kepada masyarakat. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa masyarakat Nagari Tluk Kualo Inderapura sudah ikut berpartisipasi dengan baik hal ini karena masyarakat sudah ikut berpartisipasi dari pengambilan keputusan hingga evaluasi kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, M. FachriUNSPECIFIED
CorrectorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PELESTARIAN BUDAYA LOKAL
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:49
Last Modified: 05 Jun 2024 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52342

Actions (login required)

View Item View Item