Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Energi dan Perubahannya di Kelas III SD

Fikri, M. Aidhal (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Energi dan Perubahannya di Kelas III SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_M_Aidhal_Fikri_18129190_546_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis software Wondershare Filmora pada Pembelajaran tematik terpadu tema 6 Energi dan Perubahannya di SDN 03 Koto Baru Simalanggang. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Artinya adalah penelitian yang mempertanggung jawabkan hasil produk yang baru atau penyempurnaan produk yang telah ada. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Subjek dari penelitian uji coba yaitu 3 ahli, 1 guru kelas III serta 30 peserta didik kelas III SDN 03 Koto Baru Simalanggang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, soal evaluasi dalam bentuk pree test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran berbasis software Wondershare Filmora pada pembelajaran tematik terpadu tema 6 Energi dan Perubahannya di SD dinyatakan sangat valid dengan perolehan nilai rata-rata ahli media 94,12%, ahli materi 90,67%, dan ahli bahasa 97,50%; (2) Respon guru dan peserta didik terhadap uji coba media pembelajaran berbasis software Wondershare Filmora tema 6 Energi dan Perubahannya di SD memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata respon guru 92,50% dan respon peserta didik 95,83%; dan (3) Media dinyatakan efektif setelah dilakukan uji efektivitas dilihat dari nilai N-Gain yaitu 0,74 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 10:04
Last Modified: 04 Jun 2024 10:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52336

Actions (login required)

View Item View Item