Optimalisasi Pelaksanaan Tata Kelola Pasar Rakyat Sri Gading Di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Oleh Upt Pasar Rakyat

Hawarnia, Anggi (2023) Optimalisasi Pelaksanaan Tata Kelola Pasar Rakyat Sri Gading Di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Oleh Upt Pasar Rakyat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANGGI_HAWARNIA_19042103_441_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan salah satu wadah untuk melakukan kegiatan ekonomi berupa jual beli yang mampu menunjang kesejahteraan masyarakat. Pasar membutuhkan pengelolaan yang tepat untuk dapat berkembang dengan baik. Pada pasar rakyat Sri Gading yang dikelolah oleh pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, terdapat peran dari UPT Pengelolaan Pasar dalam membina serta memeilhara pasar tersebut. Namun sejak terbakar pada tahun 2013, pengelolaan Pasar Rakyat Sri Gading seakan luput oleh pantauan pengelola pasar sehingga menyebabkan terganggunya efektifitas transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli, karena tidak beraturannya lokasi dan tidak didukung oleh kelengkapan sarana dan prasarana serta pengelolaan dari pihak terkait, yakni UPT pengelolaan pasar. Tujuan dilakukannya enelitian ini adalah untuk mengetahui peran UPT Pasar Rakyat dalam Pengelolaan Pasar Rakyat Sri Gading Kecamatan Pasir PenyuKabupaten Indragiri Hulu serta kendala yang dihadapi oleh UPT Pasar Rakyat dalam mengelola Pasar Rakyat Sri Gading di Kecamatan Pasir Penyu. Hasil Penelitian di dapatkan bahwa dalam pelaksanannya mengelola Pasar Rakyat Sri Gading di Kecamata pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu belum dapat optimal dikarenkan terdapat beberapa kendala teknis maupun non teknis baik dari internal UPT Pasar Rakyat itu sendiri maupun Eksternalnya, diantaranya yaitu: (a) Kegiatan koordinasi dan rapat arahan yang sangat jarang dilaksanakan dan mengakibatkan kurangnya koordinasi, (b) Tenaga kerja yang terbatas dalam struktur kepengurusan maupun petugas lapangan dari pihak UPT Pengelola Pasar Rakyat, sehingga menimbulkan tidak opitimalnya kinerja dari UPT Pasar Rakyat, (c) Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan kurang menanggapi serius kebutuhan yang diperlukan oleh kantor UPT Pasar Rakyat, (d) Revitalisasi Pasar yang tak kunjung direalisasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, M. FachriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: OPTIMALISASI PELAKSANAAN TATA KELOLA PASAR RAKYAT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 May 2024 09:30
Last Modified: 31 May 2024 09:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52319

Actions (login required)

View Item View Item