Pemantauan Konsumsi Energi pada Gedung Dekanat Fakultas Teknik dan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang.

Hidayatullah, Rahmat (2024) Pemantauan Konsumsi Energi pada Gedung Dekanat Fakultas Teknik dan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_RAHMAT_HIDAYATULLAH_20062047_2971_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan energi di muka bumi sangat penting terutama penggunaan energi listrik karena banyak dimanfaatkan dalam kebutuhan hidup manusia di masa kini baik untuk segi penerangan maupun hal lainnya. Salah satu pengguna daya listrik dalam jumlah yang cukup besar adalah universitas, seperti pada Gedung Fakultas Teknik dan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk mengetahui dan menganalisis konsumsi energi listrik dan sistem pencahayaan pada Gedung Fakultas Teknik dan Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang. Metode yang digunakan dengan observasi lapangan dan wawancara dengan pihak terkait. Data yang diperoleh kemudian diolah sehingga diperoleh nilah IKE dan intensitas pencahayaan pada setiap gedung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Gedung Fakultas Teknik termasuk pengguna energi dalam kategori efisien untuk bangunan ber-AC dan pengguna energi dalam kategori cukup efesien unutk bangunan non AC, pada sistem pencahayaan cukup banyak yang memenuhi standar dan pemasangan kapasitas AC masih banyak yang tidak sesuai standar aturan teknis sedangkan untuk pengguna konsumsi energi pada Gedung Laboratorium Terpadu lebih besar daripada Gedung Fakultas Teknik dikarenkan banyak terdapat ruangan yang difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar seperti ruangan laboratorium dan workshop yang memerlukan banyak alat untuk melakukan praktek atupun penelitian. (2) Gedung Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang Gedung Fakultas Teknik termasuk pengguna energi dalam kategori sanget efisien untuk bangunan ber-AC dan pengguna energi dalam kategori boros untuk bangunan non-AC, pada sistem pencahayaan dan pemasangan kapasitas AC banyak yang tidak memenuhi standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorJufri, Windry NovaliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INTENSITAS KONSUMSI ENERGI, SISTEM PENCAHAYAAN, KAPASITAS AC.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 May 2024 06:39
Last Modified: 29 May 2024 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52261

Actions (login required)

View Item View Item