Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen NKRI di Kelas IV SD Gugus 1 Kec. Padang Utara Kota Padang

Toma, Azil Alfathsa (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen NKRI di Kelas IV SD Gugus 1 Kec. Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_AZIL_ALFATHSA_TOMA_19129094_2489_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang masih jarang digunakan oleh guru. Media yang digunakan oleh guru menggunakan media konvensional berupa buku paket, media gambar, dan tidak melibatkan peserta didik dalam penggunaanya. Sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan peserta didik kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembalajaran Canva Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Media yang telah dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan peserta didik. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal pre test dan post test kepada peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Canva memiliki tingkat validitas sangat valid, validitas materi 90% (sangat valid), validitas bahasa 95% (sangat valid), dan validitas media 98% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas di sekolah uji coba SDN 18 Air Tawar Selatan. Angket respon guru memperoleh hasil 91,66% (sangat praktis) dan peserta didik 89,31% (sangat praktis). Sedangkan pada sekolah tempat penelitian di SDN 29 Ulak Karang Utara, angket respon guru memperoleh hasil 95,83% (sangat praktis) dan peserta didik 90,88% (sangat praktis). Di SDN 01 Ulak Karang Selatan, angket respon guru memperoleh hasil 95,83% (sangat praktis) dan peserta didik memperoleh hasil 91,12% (sangat praktis). Hasil efektivitas di sekolah uji coba SDN 18 Air Tawar Selatan dan sekolah tempat peneliitian di SDN 29 Ulak Karang Utara dan 01 Ulak Karang Selatan hasil pre test dan post test mengalami peningkatan hasil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan “Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen NKRI di Kelas IV Sekolah Dasar” sangat valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, CANVA, MODEL ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2024 03:09
Last Modified: 28 May 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52212

Actions (login required)

View Item View Item