Pengaruh Metode Latihan Drill Setting Terhadap Kemampuan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan

Wandari, Setia (2023) Pengaruh Metode Latihan Drill Setting Terhadap Kemampuan Passing Atas Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SETIA_WANDARI_19089003_261_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya metode latihan di terapkan dalam melatih kemampuan passing atas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode latihan drill setting terhadap kemampuan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan yang berjumlah 31 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta putri ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan yang berjumlah 14 orang, yang direkrut dengan teknik purvosive sampling. Instrument yang digunakan untuk megukur kemampuan passing atas adalah AAHPER face wall-volley test. Data dianalisis menggunakan uji-t, yaitu paired samples t-test pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hasil yang signifikan metode latihan drill setting terhadap kemampuan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan, dengan nilai thitung = 2,123 > ttabel = 1,771. Hal ini juga terlihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan passing atas, dimana nilai posttest = 37,43 > pretest = 30,21, dan selisih rata-rata keduanya adalah 7,22. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa metode latihan drill setting dapat dijadikan sebagai program latihan untuk meningkatkan kemampuan passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
CorrectorNelson, SonyaUNSPECIFIED
CorrectorChaeroni, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE LATIHAN DRILL SETTING
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 May 2024 07:56
Last Modified: 20 May 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52079

Actions (login required)

View Item View Item