Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Audisi Stand Up Comedy Indonesia IX di Kompas TV dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Rahim, Farhani (2024) Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Audisi Stand Up Comedy Indonesia IX di Kompas TV dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FARHANI_RAHIM_17016057_3048_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk gaya bahasa sarkasme yang digunakan pada audisi stand up comedy Indonesia IX (SUCI IX) di Kompas TV, dan (2) menjelaskan implikasi gaya bahasa sarkasme dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung gaya bahasa sarkasme yang dinyatakan oleh para komika selama audisi Stand Up Comedy Indonesia IX yang diadakan oleh Kompas TV pada tanggal 1 dan 8 Januari 2021. Sumber data penelitian ini adalah video "Live Streaming Audisi SUCI IX - Stand Up Comedy Kompas TV" yang dapat diakses melalui saluran YouTube Kompas TV. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan transkripsi dan analisis teks terhadap tuturan komika dalam video tersebut. Hasil penelitian ini menggambarkan beragam variasi dalam penggunaan gaya bahasa sarkasme dalam materi stand up comedy yang dibawakan oleh para peserta audisi SUCI IX. Gaya bahasa sarkasme ini dapat muncul dalam bentuk langsung, seperti sindiran atau ejekan tersirat, maupun dalam bentuk tidak langsung, seperti penggunaan intonasi atau kata-kata yang kontras dengan makna sebenarnya. Penggunaan gaya bahasa sarkasme pada stand up comedy dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang disajikan dalam bentuk RPP dan materi ajar. Hasil dari penelitian ini dapat membantu pemahaman lebih lanjut tentang penggunaan bahasa dalam konteks humor, serta memperkaya pengetahuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini penting karena gaya bahasa sarkasme adalah salah satu aspek penting dalam bahasa yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari dan hiburan seperti stand up comedy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 May 2024 02:37
Last Modified: 17 May 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51994

Actions (login required)

View Item View Item