Pengaruh Status Gizi, Kebugaran Jasmani, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Peserta Didik pada SMP Negeri Tungkal Ulu.

Sugiarto, Icuk (2023) Pengaruh Status Gizi, Kebugaran Jasmani, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Peserta Didik pada SMP Negeri Tungkal Ulu. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ICUK_SUGIARTO_21199030_8234_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi, kebugaran jasmani, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK. Penelitian rm menggunakan metode asosiatif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis jalur. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tungkal Ulu pada tanggal 2-3 Mei 2023. Populasi penelitian terdiri dari 244 siswa yang terdaftar di SMP N egeri 1 Tungkal Ulu. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling, dan terdiri dari 30 siswi. Instrumen penelitian meliputi variabel status gizi, yang diukur menggunakan tes Indeks Massa Tubuh berdasarkan tinggi badan dan berat badan, dan variabel kebugaran j asmani, yang dinilai menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKSI) Fase D, yang terdiri dari lima tes yaitu tes daya tahan dengan Tes MFT/Beep/Bleep, tes kekuatan otot perut dengan Sit-Up, tes daya ledak dengan Tes standing broad jump, tes kelincahan dengan T-test, tes koordinasi Hand & Eye dengan koordinasi mata-tangan, mengukur motivasi belajar dengan menggunakan angket, dan mengukur hasil belajar pendidikan jasmani melalui nilai rapor peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung status gizi terhadap hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu sebesar 16,56%. (2) Terdapat pengaruh langsung kebugaran jasmani terhadap hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu sebesar 27,35%. (3) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu sebesar 9,24%. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung status gizi terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu sebesar 31,9%8. (5) Terdapat pengaruh tidak langsung kebugaran jasmani terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu sebesar 41,5%. ( 6) Terdapat pengaruh tidak langsung status gizi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani melalui kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 1 Tungkal Ulu sebesar 24,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSin, Tjung HauwUNSPECIFIED
CorrectorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Aldo NazaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 May 2024 02:11
Last Modified: 17 May 2024 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51990

Actions (login required)

View Item View Item