Handri, Silvi
(2023)
Sistem Pembelajaran Dengan Literasi Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Flipped Classroom Menggunakan Aplikasi Discord pada Materi Koloid untuk Mahasiswa
Tahun Pertama”.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Indonesia saat ini memasuki era revolusi 4.0. Revolusi ini ditandai dengan perpaduan teknologi dan mengaburkan garis ruang fisik, digital, serta biologis. Era ini akan enginduksi revolusi pendidikan menjadi pendidikan 4.0 yang
menuntut perubahan yang fundamental dalam proses pembelajaran. Hal ini sesuai dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning). Pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan aplikasi discord menggunakan model inkuiri terbimbing mampu memenuhi tuntutan revolusi 4.0 dan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem
pembelajaran yang terintegrasi flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan aplikasi discord pada materi koloid untuk mahasiswa tahun pertama dan menganalisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari sistem pembelajaran yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Educational Design Reseacrh (EDR) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 5 orang Dosen Kimia FMIPA UNP. Lembar wawancara untuk penilaian pada tahap one-to-one evaluation yang berisi beberapa pertanyaan dengan jawaban berupa penjelasan dari 3 orang mahasiswa. Lembar praktikalitas yang diisi oleh 9 orang mahasiswa pada uji small group, 1 orang instruktur dan 30 orang pada uji field
test. Lembar soal test objektif pilihan ganda yang dijawab oleh 30 orang siswa untuk uji efektivitas, kemudian dianalisis validitas konten dan konstruk menggunakan skala Aiken's V, dan praktikalitas dianalisis menggunakan
persen praktis, dan efektivitas dengan N-gain. Hasil analisis data validitas isi dan konstruk yang diperoleh
dinyatakan valid dengan nilai V = 0,84 dan 0,91. Hasil analisis data uji praktikalitas instruktur, small group, dan field test diperoleh nilai P value (%) sebesar 96%, 93%, dan 87,9% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai N-gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang.
Sehingga dihasilkan suatu sistem pembelajaran terpadu flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Discord pada materi koloid yang digunakan sebagai metode alternatif dalam proses pembelajaran di
perkuliahan.
Actions (login required)
|
View Item |