Pelaksanaan Penggunaan Teknologi lnformasi Komunikasi Terhadap Guru Taman Kanak-kanak Umbuik Nagari Kota Payakumbuh

Holiza, Warni (2023) Pelaksanaan Penggunaan Teknologi lnformasi Komunikasi Terhadap Guru Taman Kanak-kanak Umbuik Nagari Kota Payakumbuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WARNI_HOLIZA_20330090_1292_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa hasil temuan Taman Kanak- kanak Umbuik Nagari yaitu guru masih membuat media pembelajaran menggunakan kertas HVS yang kemudian diperbanyak dengan cara fotocopy, guru belum mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam membuat media pembelajaran, guru tidak mampu menggunakan laptop dan printer, kurangnya minat guru dalam mengikuti pelatihan dengan alasan umur, serta kurangnya fasilitas teknologi yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan Teknologi lnformasi Komunikasi terhadap guru di Taman Kanak-kanak Umbuik N agari Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui tiga tahapan, yaitu tahap deskripsi yang dilakukan untuk memperoleh informasi awal di lapangan, kedua tahap fokus yaitu memfokuskan masalah yang telah ditemukan dilapangan, ketiga tahap seleksi untuk melakukan analisis terhadap data. Desain yang digunakan adalah dengan pendekatan studi kasus yai tu penelitian yang dilakukan dengan mengkaji fenomena atau masalah secara mendalam. Sumber data primer yang penulis peroleh adalah dari 3 orang guru Taman Kanak-kanak Umbuik Nagari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah pelaksanaan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap guru TK Umbuik Nagari masih belum maksimal. Guru belum mampu menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan yang sudah ada. Hal ini terjadi karena kurangnya fasilitas yang mendukung terlaksananya pembelajaran yang berbasis teknologi di sekolah tersebut. Media teknologi yang ada di sekolah hanyalah sebuah laptop dan printer yang di pakai secara bersama-sama dalam membuat bahan ajar. Karena keterbatasan alat teknologi yang ada, maka selama ini guru dibantu operator dalam menyelesaikan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 08:49
Last Modified: 16 May 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51961

Actions (login required)

View Item View Item