Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Arum, Sekar (2023) Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SEKAR_ARUM_19016123_6366_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran berlangsung, guru mampu mengekspresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu mendeskripsikan tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman. Subjek penelitian ini adalah salah seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri (human instrument). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman terdapat delapan bentuk tuturan ekspresif, yaitu (1) mengucapkan selamat, (2) mengucapan terima kasih, (3) mengkritik, (4) mengeluh, (5) menyalahkan, (6) memuji, (7) menyindir, dan (8) meminta maaf. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman terdapat lima bentuk strategi bertutur yaitu, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basi-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan negatif, (4) strategi bertutur samar-samar, dan (5) strategi bertutur dalam hati. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat delapan bentuk tindak tutur ekspresif dan lima strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Pasaman. Tindak tutur ekspresif yang sering digunakan guru adalah tindak tutur ekspresif mengkritik sebanyak 38 tuturan. Strategi bertutur yang paling sering digunakan oleh guru adalah strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan positif sebanyak 61 tuturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 May 2024 04:44
Last Modified: 16 May 2024 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51942

Actions (login required)

View Item View Item