Husni, Rahmatul
(2024)
Respon Siswa Terhadap Pelaksanaan Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Full text not available from this repository.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Respon Siswa
Terhadap Pelaksanaan Dimensi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Tilatang
Kamang. Dimensi profil pelajar Pancasila tersebut ialah 1) Beriman, Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, 2) Berkebinekaan Global,
3) Bergotong-royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar Kritis, dan 6) Kreatif.
Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kuantitatif
deskriptif yang didapatkan melalui osbervasi, kuesioner, dan dokumentasi
dilakukan dengan informan sebanyak 45 orang yang terdiri dari 22 orang kelas
XI, 23 orang kelas XII. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 98% respon siswa terhadap
pelaksanaan dimensi profil pelajar Pancasila ini berada pada ketegori baik dan
2% respon siswa berada pada kategori cukup baik, Dengan pelaksanaan Dimensi
pada kelas XI yaitu Dimensi Berkebhinekaan Global, Dimensi Kreatif, dan
Dimensi Mandiri, dengan skor tertinggi yaitu 100% dan skor terendah yaitu 55%
pada kategori baik dan cukup baik dan jawaban paling dominan YA, sedangkan
pada kelas XII yaitu Dimensi Bernalar Kritis dan Dimensi Beriman, Bertaqwa
Kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan Berakhlak mulia, Skor tertinggi yaitu
96% dengan kategori jawaban yang paling dominan YA. Hal ini berarti dapat
membentuk karakter siswa yang berani dalam menentukan minat dan bakatnya
sesuai dengan tujuan dari pembelajaran profil pelajar pancasila. Oleh karena itu
kegiatan projek penguatan profil pelajar ini harus dipertahankan dan diteruskan
agar kedepannya bisa membentuk karakter peduli lingkungan, serta dapat
menanamkan nilai-nilai pancasila yang dapat diterapkan oleh seluruh warga SMA
Negeri 1 Tilatang Kamang
Actions (login required)
|
View Item |