Implementasi Aplikasi Srikandi dalam Mendukung Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman

Rahmi, Risna Zulia (2023) Implementasi Aplikasi Srikandi dalam Mendukung Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RISNA_ZULIA_RAHMI_20026093_7086_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penulisan ini makalah ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penciptaan dan penyimpanan arsip dinamis aktif elektronik berupa pengelolaan surat masuk dan surat keluar; (2) distibusi dan penggunaan arsip dinamis aktif elektronik yang berupa peminjaman arsip dan temu kembali arsip; (3) pemeliharaan arsip dinamis aktif elektronik; (4) penyusutan arsip dinamis aktif elektronik. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini yaitu metode penulisan deskriptif dimana pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan arsiparis serta pegawai pranata komputer, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari pembahasan dari makalah tugas akhir ini meliputi: (1) Penciptaan dan penyimpanan arsip dinamis aktif elektronik yang meliputi pengelolaan surat masuk dan pengelolaan surat keluar. Dalam proses penciptaan dan penyimpanan arsip tidak semua pegawai yang memanfaatkan aplikasi srikandi. Upaya yang dilakukan yaitu pegawai yang belum menggunakan aplikasi srikandi dalam proses penciptaan dan penyimpanan arsip agar memanfaatkannya supaya proses penciptaan dan penyimpanan lebih optimal. (2) Distribusi dan penggunaan arsip dinamis aktif elektronik terdapat prosedur peminjaman arsip yang belum dilakukan sebab penggunaan aplikasi ini baru launching. Kemudian pada kegiatan temu kembali arsip belum dilakukan dengan baik sebab masih juga melakukan secara manual sehingga memperlambat dalam penemuan kembali arsip. Upaya yang dilakukan yaitu agar memanfaatkan aplikasi srikandi dalam proses temu kembali arsip hanya mengetikkan kata kunci nama arsip yang akan dicari. (3) Pemeliharaan arsip dinamis aktif elektronik sudah dilaksanakan dengan baik oleh arsiparis. Upaya yang dilakukan yaitu berupa pengamanan arsip elektronik, pemeliharaan media penyimpanan, sistem pengelolaannya serta perangkat pengelolaan arsip yang didukung dengan perangkat pemeliharaan arsip. (4) Penyusutan arsip dinamis aktif elektronik yang meliputi tahapan pemindahan dan pemusnahan arsip yang belum dilakukan sebab penggunaan aplikasi ini baru launching. Selain itu juga belum ada pedoman untuk penyusutan arsipnya atau JRA (Jadwal Retensi Arsip). Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya adalah arsiparis melakukan koordinasi dengan pimpinan untuk mengusulkan pembuatan Jadwal Retensi Arsip (JRA) agar penyusutan arsip dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 May 2024 01:24
Last Modified: 14 May 2024 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51851

Actions (login required)

View Item View Item