Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa

Andriani, Welli (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WELLI_ANDRIANI_19033137_2672_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika mengandalkan keterampilan matematika, penalaran, dan logika dengan memerlukan bahan ajar dan model pembelajaran yang tepat. Namun kondisi dilapangan hasil belajar fisika siswa masih rendah karena keterbatasan bahan ajar cetak dan pendekatan yang tidak sesuai. Penelitian ini mencoba mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan e-modul berbasis problem based learning sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh e-modul yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research & development) dengan menggunakan model 4D (Four-D models), namun dibatasi hingga pada tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Sumber data diperoleh dari 6 validator dosen departemen Fisika FMIPA UNP, 1 praktisi guru mata pelajaran Fisika dan 33 praktisi peserta didik kelas XII SMA Fase F1. Objek yang dikembangkan adalah e-modul berbasis model pembelajaran problem based learning. Data penelitian ini adalah data primer yang diproleh dari angket validitas yang diolah menggunakan rumus Aiken V, praktikalitas yang diolah berdasarkan kriteria interpretasi skor yang diperoleh, kemudian dianalisis secara analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas 0,89 dengan kriteria valid dan nilai praktikalitas 95% dari guru, 85% dari peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas XI SMA yang dikembangkan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MODEL 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 May 2024 08:34
Last Modified: 13 May 2024 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51846

Actions (login required)

View Item View Item