Meningkatkan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX SLB Waraqil Jannah X Koto

Shidqi, Teguh Shulha (2024) Meningkatkan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX SLB Waraqil Jannah X Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_TEGUH_SHULHA_SHIDQI_20003149_1831.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

penelitian ini dilatar belakangi terkait permasalahan pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor pada anak tunagrahita ringan kelas IX SLB Waraqil Jannah X Koto. Dalam studi pendahuluan ditemukan Saat pelaksanaan pembelajaran mencuci sepeda motor, terdapat penurunan minat dan kebosanan pada sebagian anak-anak. Selain itu, anak-anak dengan tunagrahita ringan mengalami kendala dalam menjalankan tugas ini dengan baik dan sesuai prosedur. Hal ini menyebabkan minat terhadap keterampilan mencuci sepeda motor pun semakin berkurang. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran keterampilan yang dilakukan siswa mendapatkan nilai evaluasi di bawah rata-rata KKM. Terkait pembelajaran yang diberikan belum optimal. Terlihat guru menggunakan beberapa metode, seperti metode ceramah dan metode demonstrasi untuk memberikan pemahaman terhadap anak tersebut, namun ditemukan bahwa siswa masih sering lupa dengan nama alat, bahan serta langkah-langkah mencuci sepeda motor. Hal ini menyebabkan guru membutuhkan tenaga ekstra pada saat menjelaskan pembelajaran mencuci sepeda motor. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, berkolaborasi antara peneliti dan guru kelas dalam memperbaiki pembelajaran. Peneliti sebagai pemberi tindakan sedangkan guru bertindak sebagai kolabolator. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian yakni dua orang tunagrahita ringan. Dalam pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor yang telah dilakukan siswa. Dimana proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kemampuan awal siswa yang dalam kategori masih rendah, yakni dengan skor perolehan siswa IG 31,57% dan RY 36,84%. Setelah diberi tindakan pada siklus I dan II kemampuan siswa meningkat secara optimal dan pemebelajaranpun menjadi menyenangkan dengan prolehan skor IG 80,26% dan RY 82,89%. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan mencuci sepeda motor pada anak tunagrahita ringan kelas IX

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mencuci Model Direct Instruction Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 13 May 2024 01:56
Last Modified: 13 May 2024 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51820

Actions (login required)

View Item View Item