Kecenderungan Self Injury Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Maharani S, Bella (2024) Kecenderungan Self Injury Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_BELLA_MAHARANI_S_19006070_61.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada mahasiswa yang memberikan penghayatan tidak tepat ketika dihadapkan pada suatu permasalahan. Mereka memberikan penghayatan pada masalahnya dengan cara menyakiti dirinya sendiri (self injury), dan cara ini diyakini mereka dapat memberikan ketenangan sesaat dan mampu membebaskan mereka dari rasa sakit secara psikologis yang dialaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecenderungan self injury pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling ditinjau dari dimensi lingkungan, biologis, kognitif, perilaku dan afektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 254 orang mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecenderungan self injury yang sudah diuji valid dengan menggunakan rumus Pearson Corelation dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan self injury pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling pada umumnya berada pada kategori rendah yakni dengan hasil rata-rata 92,4 (42,95%), yang terdiri dari 1) Dimensi lingkungan berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 20,22 (44,93%); 2) Dimensi biologis berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 3,64 (36,41%); 3) Dimensi kognitif berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 17 (43,07%); 4) Dimensi perilaku berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 10 (40,63%); 5) Dimensi afektif berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor 41,11 (43,27%). Berdasarkan penelitian ini, layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat diberikan untuk menurunkan kecenderungan self injury adalah layanan informasi, layanan konseling individual dan layanan konseling kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Injury
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:22
Last Modified: 29 Apr 2024 06:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51591

Actions (login required)

View Item View Item