Hubungan Persepsi Siswa tentang KIP Kuliah dan Dukungan Keluarga dengan Keputusan Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Montanesa, Dian (2023) Hubungan Persepsi Siswa tentang KIP Kuliah dan Dukungan Keluarga dengan Keputusan Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_DIAN_MONTANESA_19151009_3166_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan salah satu pilihan yang bisa diambil oleh siswa ketika sudah menyelesaikan pendidikan di sekolah menegah atas sederajat. Tetapi sangat disayangkan banyak siswa di Indonesia yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan lebih memilih untuk bekerja, menikah ataupun mengambil kursus saja. Salah satu faktor yang menjadi penghambat bagi siswa sehingga tidak mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yaitu faktor keuangan dan tidak adanya dukungan dari pihak keluarga. KIP Kuliah hadir sebagai solusi, karena KIP Kuliah merupakan program dari pemerintah untuk mendukung siswa secara finansial untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) gambaran persepsi siswa tentang KIP Kuliah, dukungan keluarga dan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi 2) hubungan persepsi siswa tentang tentang KIP Kuliah dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi 3) hubungan dukungan keluarga dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi 4) hubungan persepsi siswa tentang KIP Kuliah dan dukungan keluarga dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII tahun ajar 2022/2023 di MAN 1 Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik ini merupakan penentuan sampel bila semua anggota populasi dipilih sebagai sampel sebanyak 107 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan model skala likert. Data dari hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif korelasional. Temuan penelitian mengambarkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang KIP Kuliah berada pada kategori positif, dukungan keluarga berada pada kategori mendukung, keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berada pada kategori positif, (2) terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara persepsi siswa tentang KIP Kuliah dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang KIP Kuliah dan dukungan keluarga dengan keputusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KARTU INDONESIA PINTAR, DUKUNGAN KELUARGA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Jan 2024 14:06
Last Modified: 24 Jan 2024 14:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50061

Actions (login required)

View Item View Item