Perkembangan Gerak dasar Anak di Masa Pandemi Covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang

Farepsi, Nurmela and Suryana, Dadan (2021) Perkembangan Gerak dasar Anak di Masa Pandemi Covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang. JCE (Journal of Childhood Education), 5 (2). pp. 352-366. ISSN Online: 2620-3278 dan Print: 2598-2184

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_PERKEMBANGAN GERAK DASAR ANAK DI MASA.pdf

Download (227kB) | Preview
Official URL: https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/arti...

Abstract

Dimasa pandemi, banyak kegiatan anak di luar ruangan ditiadakan, sehingga membuat ruang gerak anak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan gerak dasar anak dimasa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ialah anak-anak kelas B1. Informan penelitian ini adalah guru kelas B1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti langkahlangkah dari Miles Huberman, yakni: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) verifikasi, dan triangulasi dilakukan sebagai teknik dalam pengabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gerak dasar anak di masa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang berkembang baik. Perkembangan gerak dasar anak di masa pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Lengayang difokuskan dari gerak lokomotor dan gerak manipulatif. Kedua, guru menstimulasi gerak dasar anak dengan kegiatan senam, dan permainan-permainan di masa pandemi dalam kegiatan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa gerak dasar anak tetap berkembang di masa pandemi, namun, tidak semua terstimulasi dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Feb 2022 00:42
Last Modified: 11 Feb 2022 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36838

Actions (login required)

View Item View Item