Yani, Roza Ida (2011) Peningkatan Kemampuan Menyimak Wawancara dengan Teknik Numbered Head Together Siswa Kelas X SMKN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROZA_IDA_YANI_86427_4470_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROZA_IDA_YANI_86427_4470_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROZA_IDA_YANI_86427_4470_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal sebagai berikut. Pertama,
siswa beranggapan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menyimak
menjemukan dan membosankan. Kedua, guru masih kurang tepat dalam memilih
teknik atau metode yang sesuai dengan proses pembelajaran menyimak. Ketiga,
siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam menyimak wawancara karena
kesulitan dalam menghubungkan berbagai ide yang didengar untuk membangun
suatu pemahaman.
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan
menyimak wawancara siswa kelas X SMKN 8 Padang dalam pembelajaran
menyimak wawancara setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan teknik
NHT. Penelitian ini menerapkan media laptop yang berisi rekaman teks
wawancara dengan seorang tokoh atau narasumber dan teknik NHT dalam
pembelajaran keterampilan menyimak wawancara. Hal ini dimaksudkan untuk
membantu dan memotivasi siswa dalam menuliskan isi wawancara dan
mengungkapkan secara lisan isi wawancara. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan di SMKN 8 Padang dengan sumber data siswa kelas X Jurusan Kria
Tekstil yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus I
dan siklus II, yang tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pengamatan,
tindakan, dan refleksi.
Hasil penelitian prasiklus menunjukkan perolehan nilai dalam kategori
cukup yaitu 63,8 sehingga peneliti melakukan penelitian siklus I yang
menunjukkan perolehan nilai siswa masih dalam kategori cukup yaitu sebesar
64,15 dan belum memenuhi target yang telah ditetapkan yaitu 70,00 dalam
kategori baik. Begitu juga berdasarkan hasil refleksi, masih ada siswa yang tidak
dapat mendengar dengan jelas media, masih ada siswa yang tidak menyukai isi
rekaman, tidak cocok dengan anggota kelompok sehingga ramai dengan anggota
kelompok lain, serta malu dan grogi ketika mengungkapkan isi wawancara. Oleh
karena itu, peneliti melakukan tindakan-tindakan perbaikan pada pembelajaran
siklus II, yaitu (1) mengganti isi rekaman teks wawancara yang lebih menarik; (2)
mengubah posisi media supaya dapat dilihat dan didengar oleh seluruh siswa; (3)
mengatur posisi duduk tiap-tiap kelompok, supaya tidak saling mengganggu; (4)
memberi penghargaan pada 3 kelompok terbaik. Reaksi siswa, siswa lebih tertarik
dan antusias terhadap pembelajaran, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah
yang positif. Perubahan
perilaku ini mengakibatkan peningkatan hasil tes
keterampilan menyimak wawancara siswa pada siklus I yaitu 6,076%,
dibandingkan prasiklus, hasil pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,74% dibandingkan siklus I dan hasil pada siklus II mengalami peningkatan
sebesar 22,5% dibandingkan prasiklus.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa keterampilan
menyimak wawancara dengan teknik NHT pada siswa kelas X Jurusan Kria
Tekstil SMKN 8 Padang mengalami peningkatan dan terjadi perubahan perilaku
ke arah positif. Penulis menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia
supaya menerapkan teknik NHT dalam pembelajaran menyimak wawancara. Bagi
siswa hendaknya sering berlatih menyimak, agar dapat menangkap informasi
wawancara yang disimak dengan baik. Bagi peneliti diharapkan melakukan
penelitian dengan teknik yang lain, untuk menambah khasanah ilmu bahasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26966 |