Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Lubuk SikapingTahun Ajaran 2018/2019.

Adeviani, Utari (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Lubuk SikapingTahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_UTARI_ADEVIANI_14031022_485_2019.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMAN 2 Lubuk Sikaping yaitu peserta didik kesulitan dalam merumuskan masalah, menganalisis dan mencari solusi terhadap permasalahan dalam proses pembelajaran, kompetensi belajar peserta didik masih rendah baik itu dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, tingkat keaktifan dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran masih rendah, serta model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan masih berpusat kepada guru. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran course review horay bermuatan literasi sains di SMAN 2 Lubuk Sikaping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik melalui model course review horay bermuatan literasi sains di SMAN 2 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X MIPA II dan X MIPA III. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dengan kelas X MIPA III terpilih sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3,30> 1tabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai kelas eksperimen > kontrol dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 1,81> 1tabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran berpengaruh terhadap kompetensi belajar pengetahuan, sikap, keterampilan peserta didik kelas X SMAN 2 Lubuk Sikaping Kata Kunci: Model Kooperatif, Course Review Horay, Litersi Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:34
Last Modified: 11 Mar 2020 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25948

Actions (login required)

View Item View Item