Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang

Argusni, Rika and Sylvia, Ike (2019) Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (2). pp. 52-59. ISSN 2686-3413

[img]
Preview
Text
8. RIKA ARGUSNI 52-59.pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: http://sikola.ppj.unp.ac.id/index.php/sikola

Abstract

Dalam penelitian ini mengungkapkan implementasi pelaksanaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kamampuan problem solving siswa pada pembelajaran Sosiologi. Model pembelajaran Problem Based Learning ini merupakan model pembelajaran penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian di SMAN 16 Padang dengan subjek siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penelitian menujukan terdapatnya peningkatan kemampuan Problem Solving siswa dengan penerapan model Problem Based Learning. karena model ini siswa belajar dengan pengetahuannya sendiri untuk memecahkan persoalan sehingga siswa mempunyai tantangan tersendiri dalam proses belajar. Secara keseluruhan kemampuan Problem Solving siswa memiliki peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 88%.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Rhavy Ferdyan, S.Sos
Date Deposited: 15 Nov 2019 04:07
Last Modified: 15 Nov 2019 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24132

Actions (login required)

View Item View Item