Pengembangan Media Trainer Sistem Pengkondisian Udara Mobil untuk Pengujian Unjuk Kerja Sistem dengan Fluida Pendinginan R134a

Andrizal,, Andrizal and Saputra, Hendra Dani and Setiawan, Dedi (2018) Pengembangan Media Trainer Sistem Pengkondisian Udara Mobil untuk Pengujian Unjuk Kerja Sistem dengan Fluida Pendinginan R134a. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_766_lapakh_LAPORANAKHIRPENELITIAN.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media trainer sistem pengkondisian udara mobil untuk pengujian unjuk kerja sistem dengan fluida pendingin R134a. Adapun latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pengalaman dan kesulitan peneliti mengajarkan mata kuliah teknologi pengkondisian udara khususnya pengujian unjuk kerja sistem di Jurusan Teknik Otomotif FT UNP Padang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R & D), dengan prosedur pengembangan model Pengembangan Model ADDIE. Untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, dilakukan uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan kepada dosen ahli dan uji praktikalitas dilakukan kepada mahasiswa yang telah mengambil dan lulus pada mata kuliah teknologi pengkondisian udara. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan, telah diperoleh produk akhir berupa Media Trainer Sistem Pengkondisian Udara Mobil Untuk Pengujian Unjuk Kerja Sistem Dengan Fluida Pendingin R134 yang valid dan praktis dengan kondisi Refrigerant Effect (Re) = 153,70 kj/kg, Cooefficience Of Performance (COP) = 4,88, dan memiliki nilai kepraktisan 4,87 atau 97,4 %.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:08
Last Modified: 24 Jul 2021 09:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item