Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Maternatis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang

Aini, Sarifa (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Maternatis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Sarifa_Aini_1301339_1035_2019.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X MIP A SMA N egeri 2 Padang masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X MIP A SMA N egeri 2 Padang. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana (simple randomized sampling), yaitu menggunakan sistem undian. Dari basil pengundian, terpilih kelas X MIP A 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIP A 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian, terlihat bahwa pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value = 0,000. Karena P-Value < a, maka tolak Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23172

Actions (login required)

View Item View Item