Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Padang

Maulidya, Annisa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Annisa_Maulidya_14029042_1967_2019.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang hams dicapai. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Padang masih belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengonstruksi konsep matematis dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 4 Padang pada pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 padang dengan sampel kelas VII 1 dan VII 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay yang disusun berdasarkan rubrik penskoran kemampuan pemahaman konsep matematis. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh P-value = 0,017, karena P-value < a maka H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran NHT lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 4 Padang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:03
Last Modified: 27 Aug 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22732

Actions (login required)

View Item View Item