Penerapan Pengajaran Reflektif sebagai Upaya meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dala Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Latihan Mengajar pada Mata Kuliah Micro Teaching dan Praktek Lapangan

Rozimela, Yenni and Tiarina, Yuli and Adnan, Aryuliva (2015) Penerapan Pengajaran Reflektif sebagai Upaya meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dala Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Latihan Mengajar pada Mata Kuliah Micro Teaching dan Praktek Lapangan. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PDF Laporan.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tahun kedua ini adalah untuk melihat dampak dari penerapan pengajaran reflektif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik (terutama keterampilan mengajar di kelas) mahasiswa dalam mengajar bahasa Inggris baik ketika mengajar pada mata kuliah Praktek Lapangan. Pada penelitian tahun pertama telah terbukti bahwa pengajaran reflektif membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mengajar mereka dalam mata kuliah Micro Teaching. Penelitian dilakukan pada dengan 12 orang mahasiswa yang mengajar pada 5 SMP negeri berbeda di Kota Padang pada semester Januari-Juni 2015. Penelitian juga melibatkan 11 guru pamong. Mahasiswa bersangkutan mengajar sesuai dengan silabus, jadwal, dan kelas yang sudah ditentukan oleh sekolah. Artinya, pelaksanaan pada tahun kedua ini agak sedikit berbeda dari tahun pertama. Peneliti tidak bisa menentukan berapa kali seorang mahasiswa harus mengajar seperti pada mata kuliah Micro Teaching yang diampu oleh tim peneliti. Sebelum pelaksanaan penelitian, guru pamong diberi penjelasan terlebih dahulu tentang tujuan penelitian serta kegiatan yang harus mereka lakukan dalam membantu mengumpulkan data penelitian. Mereka juga diberi penjelasan tentang pengertian reflektif teaching serta manfaatnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam pelaksanaan guru pamong diminta mengobservasi dan mencatat pengajaran oleh mahasiswa. Tim peneliti mengobservasi masing-masing mahasiswa 3 kali selama masa mahasiswa melaksanakan praktek lapangan (1 kali di awal, 1 kali ditengah, dan 1 kali pada diakhir). Data dikumpulkan melalui catatan observasi yang dikumpulkan oleh pamong dan peneliti, jurnal yang ditulis mahasiswa, wawancara dengan pamong dan mahasiswa, dan tugas mengajar yang dilakukan mahasiswa. Catatan observasi peneliti dapat menggambarkan peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa secara kualitatif dari tiga kali yang diobservasi, dan juga menggambarkan peningkatan secara kuantitatif karena nilai keterampilan mengajar mereka diambil. Catatan observasi guru pamong diharapkan memberikan gambaran kualitatif yang lebih rinci karena dilakukan berulang-ulang. Jurnal yang ditulis mahasiswa diharapkan dapat menggambarkan aspek-aspek pengajaran yang menjadi perhatian dan yang tidak ketika mereka melakukan refleksi terhadap pengajaran mereka dan kesulitan yang mereka hadapi dalam mengajar di sekolah. Wawancara yang dilakukan dengan mahasiswa dimaksudkan untuk mengungkap persepsi mereka tentang pengajaran reflektif dan menggali lebih jauh tentang hal-hal yang mereka tulis dalam jurnal. Tampilan mengajar dinilai untuk menggambarkan peningkatan kompetensi pedagogik mahasiswa dalam mengajar. Sampai saat laporan kemajuan ini ditulis, penelitian tahun kedua ini sudah selesai kira-kira 60%. Semua data sudah selesai dikumpulkan. Data yang sudah dianalisis adalah hasil wawancara dan sebagian catatan mahasiswa dalam jurnal mereka. Hasil analisis inilah yang sudah disajikan pada Seminar Internasional on Language and Teaching 3 pada akhir Mei 2015. Hasil analisis interview dengan mahasiswa menunjukkan bahwa mereka merasa pengajaran reflektif membantu mereka memperbaiki pengajaran mereka dalam berbagai aspek. Disampig itu, mereka juga merasa umpan balik yang diberikan pamong juga sangat membantu. Masalah yang terbesar yang dihadapi oleh hamper semua mahasiwa adalh masalah pengelolaan kelas. Masalah lain seperti kurang berjalannya kegiatan- kegiatan yang sudah mereka rancang menurut mereka juga lebih banyak disebabkan oleh masalah sulitnya mengatur siswa. Namun demikian, setelah diberi masukan-masukan oleh pembimbing (dalam hal ini peneliti) dan pamong sesuai dengan hasil refleksi mereka yang mereka ungkapkan mereka menmukan strategi-strategi yang bisa mengurangi masalah pengelolaan kelas. Data-data lain yang diperoleh dari jurnal mahasiswa, catatan observasi peneliti dan pamong, serta nilai mengajar mahaasiswa yang dimbil tiga kali waktu berbeda belum dianalisis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:32
Last Modified: 08 Aug 2019 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22496

Actions (login required)

View Item View Item