Gambaran Pembiayaan Praktik Kerja Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu Kelas XII di SMK Negeri 2 Sijujung Tahun Ajaran 2018/2019

Nyardi, Nyardi (2019) Gambaran Pembiayaan Praktik Kerja Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu Kelas XII di SMK Negeri 2 Sijujung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NYARDI_17864_951_2019.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tata kelola yang baik pada setiap aktivitas kegiatan yang meliputi biaya investasi dan operasional sekolah. Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu merupakan salah satu program yang membutuhkan pembiayaan pada setiap kegiatan praktik kerja konstruksi kayu. Hasil wawancara dengan wakil kepala sekolah dan Ketua Jurusan Teknik Bangunan menunjukkan perlu adanya perhitungan secara real dalam pembiayaan unit cost perorangan siswa SMK N 2 Sijunjung pada setiap kegiatan praktek kerja kayu. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap berapa biaya unit cost perorangan siswa SMK N 2 Sijunjung Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu berdasarkan analisis riil pada setiap pekerjaan praktek konstruksi kayu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sebagian besar berupa analisis deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah silabus/ kurikulum pembelajaran, bahan ajar praktik, dan job sheet Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu di SMK N 2 Sijunjung. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi langsung ke bengkel kerja praktik dan wawancara langsung dengan wakil kepala sekolah, ketua jurusan, ketua bengkel dan guru mata pelajaran praktik Jurusan Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 2 Sijunjung. Berdasarkan hasil analisis data unit cost kebutuhan bahan praktik kerja di bengkel kayu kelas XII sebesar Rp.8.061.000,00 per semester untuk 23 orang siswa. Praktik kerja kayu menggunakan bahan sekali pakai yaitu bahan kayu. Bahan kayu yang sudah dipakai tidak dapat didaur ulang kembali atau tidak dapat dipakai/digunakan lagi untuk praktik sehingga setiap tahun hams dibeli bahan kayu yang barn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:39
Last Modified: 30 Jul 2019 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22306

Actions (login required)

View Item View Item